Rekreasi Alam Wilayah di Jambi

Rekreasi Alam Wilayah di Jambi

Rekreasi Alam Wilayah di Jambi sekarang sangat sering menjadi sasaran baik bagi para pelancong asing maupun lokal yang mengkunjungi.

Selain lokasi yang luas memungkinkannya untuk bergerak lebih bebas, tak perlu cemas jaga jarak di zaman wabah saat ini. Tapi, tetap pelancong harus patuhi prosedur kesehatan saat liburan.

Rekreasi Alam Paling Menarik dan Adat Wilayah di Jambi, Harus Masuk Bucket List-mu Nih!

Nah, beberapa daerah di Indonesia pasti punyai beberapa ratus tempat rekreasi alam menarik diantaranya di Propinsi Jambi nih.

Baca Juga: Referensi Tempat Rekreasi Malang

Jambi tawarkan rekreasi alam dengan panorama cantik sekalian dapat lakukan banyak aktivitas diantaranya aktivitas yang melawan lho.

Berikut tempat wisata alam yang bisa saja rujukanmu untuk berlibur selanjutnya. Baca yok!

Danau Gunung Tujuh

Jika kamu ingin nikmati panorama danau dengan latar belakang gunung, kamu dapat tiba bertandang ke danau gunung tujuh nih. Berada di Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci, kamu perlu lakukan trackking dan hiking untuk ke arah danau elok ini.

Untuk beberapa pendaki pasti danau ini jadi opsi yang pas sebab bisa lakukan camping di tepi danau dan bangun pagi dengan udara sejuk yang menyegarkan.

Geopark Merangin

Berada di Dusun Air Batu, Kabupaten Merangin, geopark satu ini jadi bintang rekreasi alam di Jambi lho. Tidaklah aneh karena kecuali rekreasi alam, pengunjung bisa juga menyaksikan fosil binatang dan tumbuhan yang umurnya capai 350 juta tahun.

Disamping itu ada juga sangat banyak aktivitas yang dapat kamu kerjakan di alam sekelilingnya seperti trackking dan rafting. Kamu dapat rasakan sensai arung jeram bersama rekan-rekan kamu sekalian nikmati keelokan alam seputar lho.

Rekreasi Alam Wilayah di Jambi Danau Kaco

Danau Kaco seperti namanya adalah danau yang mempunyai air jernih yang bak refleksi kaca. Wisata Danau ini berada di Kabupaten Kerinci dan masih berada dalam teritori Gunung Kerinci.

Tidak saja keelokan air jernihnya dapat dicicipi saat pagi atau siang hari, pada malam hari juga danau ini nampak lebih memikat saat cahaya bulan menyinari danau. Karena berada di wilayah pegunungan, udara sejuk di danau ini membuat kamu kerasan untuk lama-lama lho.

Kebun Teh Kayu Aro

Dengan luas yang capai seputar 3.000 hektar, kebun teh ini menyajikanmu panorama bentangan kebun teh dengan latar belakang gunung Kerinci yang memukau. Masih berada dalam teritori Gunung Kerinci persisnya di kaki gunung, kamu dapat santai dan berpose riang di setiap sudutnya.

Disamping itu, kamu bisa juga menyaksikan proses masyarakat di tempat menuai memprosesnya lho dan teh. Benar-benar tempat cantik instagramable sekalian tempat kamu menambahkan wacana mengenai pemrosesan teh nih.

Gunung Kerinci

Dengan ketinggian capai 3.805 mdpl, gunung Kerinci jadi gunung paling tinggi di Sumatera lho. Terletak di Kabupaten Kerinci dan pas di tepian di antara Propinsi Jambi dan Propinsi Sumatera Barat.

Gunung ini jadi sasaran beberapa pendaki yang selalu ingin melawan diri menaklukan pucuk. Saat datang di pucuk, kamu akan disajikan panorama bak negeri di atas awan dan dapat melihat matahari keluar dengan udara sejuk yang membuat ingin lama-lama menikmati.

Air Terjun Renah Sungai Besar

Situasi pohon-pohon teduh yang demikian asri di seputar Air Terjun Renah Sungai Besar ini yang membuat beberapa pengunjung berminat untuk melepas capek diakhir pekan. Berada di Kabupaten Bungo, air terjun ini mempunyai ketinggian seputar 30 mtr. lho.

Kamu dapat berenang dan bermain di kolam dan sungai yang sedikit berbatu pas di kaki air terjun. Sesudah hari yang meletihkan, ditanggung habiskan waktu di air terjun ini membuat kepenatanmu terasanya lenyap.

Itu tempat wisata alam yang dapat kamu datangi dan cicipi saat singgah ke Jambi. Mana nih yang paling membuat ingin tahu? Tentunya adat itu harus dilestarikan ya!

Jambi sebuah propinsi yang berada di timur Pulau Sumatera. Warga Jambi terbagi dalam bermacam jenis suku seperti Suku Jambi, Suku Kerinci, sampai turunan atau rumpun Minang. Tidaklah aneh bila propinsi ini memiliki bermacam jenis adat yang paling menarik.

Beberapa adat yang berada di sana bahkan juga bisa menarik banyak pelancong, baik dari luar atau dalam negeri. Berikut enam adat yang berada di wilayah Jambi yang harus kamu kenali.

  1. Adat Memburu Sumbun

Apa kamu pernah dengar istilah sumbun? Sumbun adalah semacam kerang sebagai makanan favorite untuk warga Suku Duano di Jambi. Rutinitas tangkap kerang tipe itu jadi rutinitas yang diselenggarakan tiap tahun.

Bahkan juga, adat ini jadi sebagai festival tahunan dengan dinamakan Festival Daerah Laut oleh Pemerintahan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Festival ini mempunyai tujuan untuk melestarikan budaya dan jadi daya magnet untuk beberapa wisatawan.

  1. Adat Maanta

Adat ini adalah aktivitas mengantar rantang yang berisi makanan ke rumah sanak saudara. Hal yang membuat adat unik adalah si yang menerima rantang akan kembalikan rantang itu yang telah diisi tipe makanan yang sama.

Adat ini sendiri memiliki arti yang cukup dalam, yakni memperkuat bersilahturahmi dengan sanak saudara serta lebih mengenali riwayat keluarga. Umumnya rantang paling bawah berisi nasi. Lalu dari rantang seterusnya ke rantang teratas berisi, dengan posisi sayur-sayuran atau opor, keu kue kering, dan basah.

  1. Adat Malam Berinai

Saat sebelum lakukan pernikahan, warga di Jambi umumnya melangsungkan upacara tradisi Malam Berinai pada malam saat sebelum ijab kabul. Calon mempelai akan dikasih inai atau dikenali dengan bahan warna kuku.

Kemudian, ada atraksi Tari Inai yang disebut acara dasar dari upacara tradisi ini. Untuk warga di tempat, Tari Inai adalah simbolisasi untuk jaga calon mempelai wanita dari masalah manusia atau makhluk halus.

  1. Adat Makan Kelung

Di Dusun Mendahara Ilir di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, ada sebuah adat yang unik yang dikenali dengan istilah “Makan Kelung “.Tetapi, adat ini cuman dilaksanakan di saat tertentu saja, yakni pada ketika berada bagian keluarga yang menderita penyakit aneh.

Adat ini dengan diawali pengadaan sesaji oleh beberapa wanita yang dipandang suci, yakni wanita yang tidak haid. Kemudian, orang yang sakit itu akan dimasukkan pada dalam sebuah kamar untuk lakukan prosesi-prosesi tertentu.

  1. Adat Selamatan Sko

Upacara tradisi Selamatan Sko adalah upacara pemberian gelar pada seorang yang dipandang pantas memiliki gelar Depati atau Permeti. Antiknya, untuk mengundang beberapa tamunya, beberapa pelaksana memakai bendera sebagai tanda jika si yang menerima diundang dalam upacara itu. Pucuk dari upacara ini adalah saat tiap lurah keluarkan semua pusaka dalam sesion pengukuhan gelar.

  1. Adat Aku mau

Adat Aku mau sebuah upacara tradisi yang umumnya dilaksanakan oleh beberapa petani. Upacara tradisi ini dilaksanakan sepengetahuan sekali ketika akan mengawali aktivitas pertanian. Dalam upacara tradisi ini, ada banyak step, yakni dimulai dari Ngapak Jambe atau buka tempat, menyirami benih sama air, Nyambau Beneih atau menabur menempatkan pupuh, dan benih.

Nah, itu ia enam adat wilayah yang cuman bisa diketemukan di Propinsi Jambi. Rupanya wilayah ini mempunyai bermacam adat yang bagus sekali ya.